Tuesday, March 10, 2009

Apa Sih Pesawat Terbang Itu???

Sejak kecil saya suka dengan pesawat terbang karena ketika ayah saya masih bekerja di bandara Soekarno-Hatta saya sering ikut beliau bekerja dan beliau membawa saya ke sbuah tower yang tinggi dan menujukan pesawat-pesawat itu dengan teropong. Ketika itu saya berfikir koq ada ya kendaraan bisa terbang wah..ajaib banget.Jadi apa sih yang dimaksud pesawat terbang itu???Pesawat terbang atau pesawat udara atau kapal terbang atau cukup pesawat saja adalah kendaraan yang mampu terbang di atmosfer atau udara. Penemu pesawat pertama adalah Wright Bersaudara (Orville Wright dan Wilbur Wright) dengan menggunakan pesawat rancangannya yang dinamakan Flyer yang diluncurkan pada tahun 1903 di Amerika Serikat. Selain Wright bersaudara, tercatat pula beberapa penemu pesawat lain yang menemukan pesawat terbang antara lain Samuel F Cody yang melakukan aksinya di lapangan Fanborough, Inggris tahun 1910.

Gambar Wright Flyer yang ditemukan Wright bersaudara
Diluncurkan 17 Desember 1903, dekat Kill Devil Hill di Kitty Hawk, North Carolina.Penerbangan pertama bertahan sekitar 12 detik, dan menempuh perjalanan 36.5 m (120 ft) dengan ketinggian 3 m (9.9 ft) dan kecepatan udaraf 48 km/jam (30 mi/h).

Jenis Pesawat:

1. Land Planes => di-design untuk beroperasi di permukaan yg kasar, seperti landasan dari aspal.Beberapa land plane dilengkapi untuk beroperasi di rumput. Sebuah land plane biasanya mempunyai roda untuk menjalankan pesawat pelan-pelan,tinggal landas,menadarat.

2. Carrier-Based Aircraft => Tipe modifikasi khusus dari land plane design untuk tinggal landas (take off) dan pendaratan (landing) diatas kapal laut aircraft carriers.

3. Seaplanes => kadang disebut floatplane atw pontoon plane adalah land plane biasa yg dimodifikasi dengan pengapung sebagai ganti dari roda2nya jadi dapat beroperasi di air.

4.Amphibians => seperti namanya yg mirip hewan katak ,beroperasi di air dan daratan.

5.Vertical Take off dan Landing (VTOL ) Airplanes => secara khas menggunakan daya dorong jet dari mesinnya,meruncing ke bawah untuk take off dan landing lurus keatas dan kebawah.Contoh : halikopter,AV-8B Harrier II,dll

6.Short TakeOff dan Landing (STOL)Airplanes => didesain untuk dapat berfungsi di landasan yang relatif pendek. STOL airplane biasanya cargo airplanes.

7.Space Shuttle => diterbangkan oleh NASA, adalah pesawat yang tidak sama dengan yg lainnya karena terbangnya seperti a fixed-wing airplane dalam atmosfir dan seperti sebuah pesawat luar angkasa diluar atmosfir bumi.

Golongan-golongan dari pesawat :

1. Pesawat Komersial => digunakan untuk menghasikan keuntungan, biasanya dengan membawa muatan atw penumpang untuk disewakan.Contoh:Airbus A320,Airmail, Being 747, dll. Pengusaha pabrik pesawat komersial seperti Boeing Company di United States dan Airbus di eropa.

2.Pesawat Militer => biasanya dikelompokan ke dalam 4 kategori : combat (Pertempuran), cargo (muatan), training(latihan) dan observation (pengamatan). Pesawat tempur umumnya salah satu dari fighters atau bomber walaupun beberapa pesawat memiliki kemampuan keduanya. Fighters di-disain untuk pertempuran,yaitu dalam situasi bertahan dan menyerang.contoh Panavia Tornado,Boeing F-15 Eagle,Lockheed-Martin F-16 Falcon,MiG-29 Fulcrum dan Su-27 Flanker.Bomber di-disain untuk membawa muatan senjata dan tiap menembus atau menghindari pertahanan musuh agar mengantarkan senjata.Contoh:Boeing B-52,Boeing B-1,Northrop-Grumman B-2 stealth bomber.Pesawat cargo dapat membawa tank yg sangat besar,artileri,dan pesawat yg lebih kecil.Contoh giant Lockheed C-5B, Boeing C-17, Boeing KC-135, Boeing KC-10.Contoh pesawat untuk pelatihan :T-34 Mentor,T-37,dan T-38, dan Boeing T-45 Goshawk. Pesawat untuk observasi :Lockheed U-2 spy plane.

3.General-Aviation Aircraft => untuk operasi pribadi atau tidak komersial.


sumber : encarta

No comments:

Post a Comment